KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH
1.
Pengertian
Kepemimpinan
·
Secara
umum : bahwa kepemimpinan adalah segala yang berhubungan dengan pekerjaan
memimpin, dapat mengenai orang, watak, sifat, kegiatan atau perilakunya.
·
Menurut
para ahli :
a.
Wahjo
Sumidjo
Bahwa kepemimpinan sebagai sifat,
perilaku pribadi, pengaruh terhadap orang lain, paham, interaksi/hubungan
kerjasama antar peran/kedudukan administratif tertentu.
b.
Mulyasa
Bahwa kepemimpinan sebagai kegiatan
untuk mempengaruhi orang yang diarahkan terhadap pencapaian tujuan organisasi.
2.
Pengertian
pemimpin
Pemimpin adalah
orang yang memimpin, orang yang memegang tangan sambil berjalan untuk menuntun,
menunjukkan jalan orang yang dibimbing. Orang yang menunjukkan jalan dalam arti
kiasan, orang yang melatih, mendidik, mengajari supaya akhirnya dapat
mengerjakan sendiri.
3.
Fungsi dan Tugas
Pemimpin
·
Fungsi
seorang pemimpin :
a.
Menciptakan
perubahan secara efektif di dalam
penampilan kelompok.
b.
Menggerakkan
orang lain sehingga secara sadar orang lain tersebut melakukan apa yang
dikehendaki pemimpin.
·
Tugas
Pemimpin
a.
Membangkitkan
kepercayaan dan loyalitas bawahan.
b.
Mengkomunikasikan
gagasan kepada oranglain.
c.
Mempengaruhi
orang lain.
d.
Mengkoordinasikan
sejumlah kegiatan.
4.
Keberhasilan
Pemimpin.
Keberhasilan
pemimpin berkaitan dengan 2 orientasi :
a.
Organizational
achievement : produksi, pendanaan ,
kemampuan adaptasi dengan program-program inovatif dsb.
b.
Organizational
Maintenance : variabel kepuasan bawahan, motivasi dan semnagat kerja.
Ada 2 macam
pendekatan mengenai keberhasilan pemimpin :
a.
Prestasi
organisasi : dikaji dengan pengamatan produk yang dihasilkan oleh proses
transformasi kepemimipinan.
b.
Pembinaan
: melalui pengamatan terhadap sikap bawahan dan orientasi pemimpin.
5.
Gaya
kepemimpinan
·
Gaya
kepemimpinan adalah cara yang dipergunakan pemimpin dalam mempengaruhi para
pengikutnya. Untuk memahami gaya kepemimpinan melalui 3 pendekatan :
a.
Pendekatan
sifat
b.
Pendekatan
perilaku
c.
Pendekatan
situasional
-teori kepemimpinan kontingensi
-teori kepemimpina tiga dimensi
-teori kepemimpinan situasional
·
Macam-macam
gaya kepemimpinan :
a.
Gaya
mendikte
b.
Gaya
menjual
c.
Gaya
melibatkan diri
d.
Gaya
mendelegasikan
6.
Kepemimpinan
dalam peningkatan kinerja
Peranan
kepemimpinan kepala sekolah dalam kaitannya dengan pengembangan guru.
Kemampuan kepala
sekolah dalam melakasanakan MBS :
a.
Pembinaan
disiplin
b.
Pembangkitan
motivasi
c.
Penghargaan
7.
Status dan peran
kepala sekolah
Menurut
Keputusan Mendikbud No. 0296 tahun 1996, kepala sekolah merupakan guru yang
memperoleh tambahan tugas untuk memimpin penyelenggaraan pendidikan dan upaya
peningkatan mutu pendidikan sekolah. Peran kepala sekolah : pendidik, manager,
administrator, supervisor, pemimpin, pembaharu dan pembangkit minat.
8.
Tugas kepala
sekolah
1.
Sebagai
pendidik
2.
Sebagai
manager
3.
Sebagai
administrator
4.
Sebagai
supervisor
5.
Sebagai
pemimpin
6.
Sebagai
pembaharu
7.
Sebagai
pembangkit minat
9. Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif
Agar proses
pengembangan para personalia pendidikan berjalan dengan baik, antara lain
dibutuhkan kepemimpinan yang efektif. Ialah suatu kepemimpinan yang menghargai
usaha para bawahan, yang memperlakukan mereka sesuai dengan bakat, kemampuan,
dan minat masing-masing individu, yang memberi dorongan untuk berkembang dan
mengarahkan diri ke arah tercapainya tujuan lembaga pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar