Sabtu, 21 Desember 2013

OBSERVASI di sma negeri 3 pati ( manajemen sekolah)


BAB I
PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang
Dalam dunia pendidikan, terdapat 4 komponen yang saling berkaitan yaitu staff tata laksana administrasi, staff teknis pendidikan yang didalamnya terdapat kepala sekolah, dan anggota guru lain, komite sekolah sebagai pembantu dalam pelaksanaan operasional pendidikan, dan siswa sebagai konsumen yang harus mendapatkan pelayanan yang baik dari sekolah, dalam pelaksanaannya hubungan 4 komponen ini haruslah berjalan dengan baik dan seimbang sehingga tujuan dari sekolah dapat tercapai dengan hasil yang optimal.
Selain 4 komponen diatas, hal lain yang diperlukan adalah manajemen yang baik. Salah satu hal penting yang diperlukan oleh sekolah untuk kegiatan operasional sekolah dengan baik adalah manajemen sarana dan prasaranasarana prasarana serta manajemen keuangan yang dikelola dan terlaksana dengan baik oleh pihak sekolah, sarana prasarana dan keuangan merupakan hal vital dalam proses belajar mengajar  di sekolah, keuangan yang terkelola dengan baik akan berimbas pada banyak sektor pendidikan yang lain, dengan distribusi dan pemanfaatan keuangan untuk hal-hal yang bisa dimanfaatkan oleh sekolah seperti sarana prasarana yang memadai

1.2       Rumusan Masalah
1.    Bagaimana gambaran umum / profil mengenai SMAN 3 Pati?
2.    Bagaimana proses manajemen keuangan dan manajemen sarana prasarana di                             SMA N 3 Pati?
3.    Apakah dalam pelaksanaannya manajemen keuangan dan sarana prasarana di SMA N 3 pati telah berjalan sesuai dengan sekolah standar nasional dalam pendidikan di Indonesia?


1.3       Tujuan Penulisan
Untuk mengetahui gambaran umum SMAN 3 Pati
Untuk mengetahui manajemen keuangan dan sarana prasarana di SMAN 3 Pati
Mengidentifikasi pelaksanaan manajemen dan keadaan keuangan dan sarana                                  prasarana di SMAN 3 Pati

1.4       Manfaat
Manfaat yang diharapkan penulis dari penyusunan makalah ini adalah untuk memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan pembaca mengenaimodel kajian pembelajaran dalam manajemen sekolah dan pengetahuan yang terspesialisasikan tentang pelaksanaan manajemen sarana prasarana dalam dunia pendidkan.























BAB II
PEMBAHASAN
A.     Landasan Teori
Manajemen anggaran/biaya sekolah /pendidikan adalah merupakan seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan dilaksanakan/ diusahakan secara sengaja dan sungguh-sungguh , serta pembinaan secara kontinu terhadap biaya operasional sekolah atau pendidikan, sehingga kegiatan operasional pendidikan semakin efektif dan efisien, demi membantu tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditentukan, secara garis besar  kegiatannya meliputi pengumpulan dan penerimaan dana yang sah ( dana rutin, SPP,sumbangan, BP3, donasi,dan lain-lain)
Dana yang masuk disebut dana masukan (input) yang kemudian setelah dilaksanakan perencanaan anggaran (budgeting), lalu digunakan dalam proses operasional pendidikan (throughput), dan ahirnya dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku bersama hasil usaha (output) yang dihasilkannya.
B.     Ruang Lingkup penelitian
Ruang lingkup yang dijadikan objek observasi dalam manajemen keuangan dan sarana prasarana dalam pendidikan dilaksanakan di SMAN 3 Pati yang beralamat di Jln. Panglima Soedirman No. 1A Pati Jawa Tengah.



2.1       Gambaran Umum SMAN 3 Pati
                        SMAN 3 Pati didirikan pada tahun 1989 sebagai alih fungsi dari SGO (Sekolah guru olah raga) berdasarkan SK Mendikbud RI No. 04321989, berlokasi di desa puri kecamatan Pati, Kabupaten Pati tepatnya di jalan Panglima Soedirman 6A, telepon (0295) 381279. Sejak berdiri pada tahun 1989, SMAN 3 Pati telah meluluskan 22 angkatan, berdasarkan hasil penilaian dari badan akreditasi nasional, SMAN 3 Pati telah mendapatkan nilai A plus.
            Berikut ini adalah daftar nama kepala sekolah yang pernah menjabat di SMAN 3 Pati sejak berdiri pada tahun 1989:
1.   Drs. Waluyo Sunarso
2.   Drs. Gagak Waluyo
3.   Drs. Roeswatmadi
4.   Drs. Edi Purwanto
5.   Dra. Djumiati, M.Pd
6.   A. Zainal arifin M.Pd
7.   Drs. Suparno HS,MM
8.   Suhartono S.Pd, M.Pd
9.   Drs. Sumaryo M.Pd
10.        Drs. Moh Yamin M.Pd

Dalam upaya pengembangan bakat dan minat peserta didik, di SMAN 3 Pati terdapat kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan di SMAN 3 pati, dari keseluruhan ekstrakurikuler yang ada adalah berjumlah 24 kegiatan ekstrakurikuler, diantaranya adalah pramuka,pencak silat, panahan, renang, pecinta alam, seni music, seni tari, teater, basket, volley, tenis meja, tenis lapangan, akuntansi, dan lain-lain.
SMAN 3 pati adalah SMA yang memiliki predikat SKM (Sekolah kriteria mandiri) dan telah terakreditasi A, pada tahun pelajaran 2013/2014 SMAN 3 pati membuka sepuluh kelas untuk siswa baru, namun tetap dibedakan menjadi dua jurusan yaitu matematika Sains dan IPS. Sebagai sekolah yang terakreditasi A dan merupakan sekolah standar nasional, SMAN 3 Pati telah memiliki fasilitas dan sarana prasarana  memadai yang mampu menunjang efisiensi dan efektivitas dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, meskipun lokasi SMAN 3 Pati terletak di pinggir jalan pantura yang ramai, SMAN 3 pati telah mampu mencetak output berupa peserta didik yang berkualitas, SMAN 3 pati mampu mencetak siswa berprestasi yang banyak menghasilkan lulusan berkualitas dan mampu menyalurkan siswa-siswanya ke jenjang pendidikan lebih tinggi maupun universitas-universitas ternama di Indonesia
                        Selama beberapa tahun ini, SMAN 3 pati banyak melakukan pembangunan di bidang fisik seperti pembangunan gedung, perbaikan sarana prasarana yang dianggap kurang memadai,selain sarana prasarana yang diperbarui, SMAN 3 pati juga berupaya membangun dan mengembangkan kemampuan dan bakat siswa melalui kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMAN 3 pati,siswa bebas mengikuti ekstrakurikuler tersebut sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh siswa, sehingga akan meningkatkan skill siswa tersebut.

                       
Visi & Misi SMAN 3 Pati
        Adapun visi dan misi dari SMAN 3 pati adalah sebagai berikut:
Mantap dalam kepribadian, tumbuh dan berkembang dalam ilmu pengetahuan teknologi, olahraga,seni dan budaya
Misi SMAN 3 Pati
1.         mengedepankan dan menjunjung tinggi tata nilai,sikap disiplin, etika, norma agama, dan budaya positif yang ada pada bangsa Indonesia
2.         melaksankan proses pembelajaran secara efektif dan efisien dalam mencapai penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang optimal
3.         mendorong dan mengembangkan bakat dan prestasi akademik olahraga, seni dan budaya
4.         mengembangkan pribadi cinta lingkungan dengan melakukan upaya penyelamatan, perlindungan dan pelestarian kekayaan alam hayati
5.         mengembangkan kesadaran berbangsa dan bernegara,kemempuan bela Negara dan rela berkorban untuk bangsa dan Negara kesatuan republic Indonesia.

2.2  Manajemen keuangan dan sarana prasarana di SMAN 3 Pati
A.          Manajemen keuangan SMAN 3 Pati
                  Dalam pelaksanaannya, manajemen keuangan di SMAN 3 Pati menganut asas pemisahan tugas antara fungsi Otorisator, Ordonator, dan Bendaharawan. Otorisator adalah pejabat yang diberi wewenang untuk mengambil tindakanyang mengakibatkan penerimaan dan pengeluaran anggaran. Ordonator adalah pejabat yang berwenang melakukan pengujian dan memerintahkanpembayaran atas segala tindakan yang dilakukan berdasarkan otorisasi yang telah ditetapkan. Bendaharawan adalah pejabat yang berwenang melakukan penerimaan, penyimpanan, dan pengeluaran uang serta diwajibkan membuat perhitungan dan pertanggungjawaban. Kepala Sekolah sebagai manajer, berfungsi sebagai Otorisator dan dilimpahi fungsi Ordonator untuk memerintahkan pembayaran. Namun, tidak dibenarkan melaksanakan fungsi Bendaharawan karena kepala sekolah hanya berkewajiban mengontrol dan mengawasi jalannya keuangan sekolah.

a.         Sumber-sumber keuangan sekolah
. 1.      Sumber dari Pemerintah
Sumber anggaran penyelenggaraan sekolah adalah tersedianya dengan jelas sumber anggaran sekolah yang berasal dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Sumber utama biaya pendidikan disekolah adalah pajak yang dimasukkan dalam bentuk APBN dan APBD. Jhons dan Morphet mengatakan bentuk pajak yang diperuntukan untuk membiayai pendidikan antara lain pajak kekayaan, pajak penghasilan perorangan, pajak pendapatan penjualan, pajak kendaraan bermotor dan lain sebagainya. Di Indonesia biaya pendidikan dari pemerintah berasal dari APBN dan APBD, anggaran yang bersumber dari pemerintah pusat dialokasokan dalam APBN secara Nasional yang didistribusikan keseluruh daerah tingkat 1.


2.      Sumber dari Masyarakat
Sumber dana dari masyarakat adalah biaya yang diperoleh dari masyarakat melalui iuran komite sekolah. Bantuan komite sekolah dibebankan kepada anak yang masih mengikuti pelajaran disekolah, yang ditetapkan besarnya setiap siswa, digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan sekolah. Dengan kata lain bantuan dari masyarakat adalah bantuan yang bersifat wajib kecuali bagi mereka yang diberi kebijaksanaan khusus dibebaskan dari sumbangan SPP dari komite sekolah. Pembiayaan dari orang tua peserta didik dipungut setiap bulan sebagai perwujudan tanggung jawab orang tua terhadap tercapainya tujuan pendidikan. Perhatian orang tua terhadap sekolah tentu saja akan berpengaruh terhadap kesediaan menyumbang dana untuk pendidikan putra-putrinya.

3.      Sumber-sumber Lain
           Selain dari anggaran yang telah disebutkan diatas pembiayaan pendidikan bisa juga diperoleh melalui dana bantuan luar negri adalah semua bantuan yang berupa pinjaman atau pemberian dari Negara asing yang diterima oleh pemerintah Indonesia sebagai bantuan yang dimanfaatakan untuk menunjang pelaksanaan pembangunan. Sumber anggaran lain dalam dunia pendidikan bias juga diperoleh dari yayasan, swadana dari masyarakat industry. Berbagai yayasan baik dari dalam maupun luar negri yang berminat serta yang berkepentingan untuk pengembangan bidang pendidikan. Selain itu sumber lain dapat berupa sumbangan dari alumni-alumni,sumbangan tidak terbatas pada hal materi saja, namun bias berupa hal-hal yang bias di gunakan untuk membantu meningkatkan kualitas seklah dan peserta didik, misalnya buku, perlengkapan dan peralatan belajar, dan lain-lain.



b.      Pengelolaan keuangan sekolah yang efektif
                        Prosedur dalam pengelolaan keuangan sekolah merupakan hal yang penting, dalam pelaksanaannya prosedur adalah sebagai dasar-dasar yang digunakan sekolah dalam pelaksanaan kegiatan pengelolaan keuangan, prosedur-prosedur tersebut adalah sebagai berikut:
1.         Comperative approach
penganggaran yang dilakukan dengan cara membandingkan besarnya penerimaan dengan pengeluaran untuk anggaran satu tahun.
2.     The Planning Programing Budgedting Evaluation System (PPBES) penganggaran yang berorientasi kepada rencana dan sasaran program secara khusus dan umum
3.     Functional Approach : penganggaran dalam bentuk gabungan antaran PPBES dan comperative approach. Prosedur penyusunan anggaran dikemukakan oleh Lipham sebagai berikut:
1). Fase perencanaan
2). Fase mempersiapkan anggaran
3). Fase mengelola anggaran
4). Fase evaluasi anggaran
Keempat fase diatas saling berkaitan dan merupakan siklus darri penganggaran yang sistematis memiliki hubungan dengan sumber-sumber, program dan hasil.
        Dari prosedur-prosedur yang telah dijelaskan di atas, dapat dilihat bahwa SMAN 3 pati menganut prosedur The Planning Programing Budgedting Evaluation System (PPBES) dalam pengelolaan keuangan sekolah,
a.       Merancang suatu program sekolah yang ideal untuk mencapai tujuan yang
diinginkan pada tahun pelajaran yang bersangkutan.
b.   Melakukan inventarisasi semua kegiatan dan menghitung perkiraan kebutuhan dana penunjang.
c.    Melakukan peninjauan ulang atas program awal berdasarkan kemungkinan tersedianya dana pendukung yang dapat dihimpun.
d. Menetapkan prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun pelajaran yang bersangkutan.
e.   Melakukan perhitungan rinci pemanfaatan dana yang tersedia untuk masing-masing kegiatan (Depdiknas, 2000 : 178 – 179)
f.    Menuangkan perhitungan-perhitungan rinci tersebut ke dalam suatu format yang telah disepakati untuk digunakan oleh setiap sekolah.


c.          Pengelolaan anggaran sekolah
Pengelola anggaran sekolah biasanya adalah kepala sekolah, tetapi bisa juga guru berpengalaman (senior) atau anggota komite sekolah. Di sekolah-sekolah yang lebih besar, mungkin ada pihak lain yang bertanggung jawab dalam pengelolaan sebagian anggaran. Secara khusus, pengendalian anggaran terdiri dari serangkaian kegiatan pemeriksaan dan persetujuan untuk memastikan bahwa:
1.      dana dibelanjakan sesuai rencana,
2.      ada kelonggaran dalam penganggaran untuk pembayaran pajak,
3.      pembelanjaan dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia, dan penerima tanpa
4.      dana tidak dihabiskan untuk kegiatan-kegiatan yang tidak disetujui atau diberikan kepada pihak persetujuan. Hasil analisis kebutuhan secara logis diklasifikasikan ke dalam kelompok staf, materi kurikulum, barang, jasa, pemeliharaan bangunan, dsb. Pengelola anggaran sekolah diharapkan membelanjakan uang sesuai alokasi dana yang direncanakan. Setiap perubahan anggaran harus disetujui oleh komite sekolah bila memang harus ada perubahan dalam tahun berjalan.

B.         Manajemen Sarana Prasarana SMAN 3 Pati
            Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa sarana prasarana sangat menunjang keberhasilan dan kelancaran pelaksanaan proses belajar mengajar. SMAN 3 Pati dalam menjalankan KBM sangat memperhatikan sarana prasarana di sekolah, hal ini terlihat dari ketersediaan sarana prasarana yang memadai di SMAN 3 Pati.
Dibawah pimpinan Drs. Moh Yamin M.Pd meraih predikat akreditasi A berhasil mendapatkan predikat Sekolah Standar Nasional (SSN) dari kementrian pendidikan Indonesia.
Prasarana merupakan hal-hal yang secara tidak langsung berkaitan dengan proses pembelajaran. Keberadaan prasarana ini memang tidak wajib, tapi menjadi pendukung dalam proses belajar mengajar. Berdiri diatas luas tanah yaitu  luas tanah 3,5 Ha. secara keseluruhan sarana terawat dengan baik. Hal ini dapat terlihat dari kondisi sekolah yang nyaman dan asri. Gedung terlihat kokoh yang menandakan perawatan yang baik dari pihak lembaga.
Sarana yang disediakan sekolah untuk menunjang kegiatan belajar mengajar
a.       jumlah ruang kelas sebanyak 30 ruangan masing-masing berukuran 7x9 m2,
b.       ruang kantor guru, kepala sekolah, ruang tata usaha, perpustakaan berukuran 15x8 m2,
c.       laboratorium biologi,kimia,fisika dan agama dengan ruangan masing-masing berukuran 18x8 m2, laboratoriun bahasa 9x7 m2,laboratorium bahasa inggris 15x8m2
d.        laboratorium komputer 15x8 m2, ruang ketermpilan 9x7 m2, laboratorium sejarah 18x8m2
e.       ruang kesenian 9x7 m2, selain itu masih ada ruangan Osis, Pramuka 6x3 m2, pos keamanan 2x2 m2,
f.        musholla, tempat parkir guru dan siswa, kamar mandi terpisah antara guru dan siswa. Di SMAN 3 Pati sudah terkoneksi dengan hot spot sehingga mempermudah siswa dan guru untuk mengakses internet sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar.
Staf guru dan karyawan di SMAN 3 Pati berjumlah 89 orang terdiri dari guru tetap (PNS) 66 orang, guru tidak tetap 4 orang, karyawan tata usaha 14 orang, pegawai perpustakaan 1 orang, penjaga sekolah serta petugas keamanan masing-masing 2  orang.
g.       Luas tanah keseluruhan 3,5 Ha, dengan  4 lapangan terpisah, 2 lapangan sebagai lapangan basket dan 2 lapangan di gunakan sebagai lapangan sepak bola,volley dan kegiatan olahraga lain.




2.3  Manajemen keuangan dan manajemen sarana prasarana SMAN 3 Pati telah sesuai dengan sekolah standar nasional
Dari luas tanahnya telah bisa dilihat bahwa syarat Sekolah SSN harus luas, yaitu dengan luas tanah 3,5 ha. Predikat akreditasi A berhasil mendapatkan predikat Sekolah Standar Nasional (SSN) dari kementrian pendidikan Indonesia. Bisa dilihat dari pengelolaan sarana prasarana maupun managemen keuangannya telah mencerminkan Sekolah Standart Nasional. Dari sarana prasarananya yaitu dengan memiliki fasilitas berupa gedung, ruangan yang memadai yang dapat dimanfaatkan siswa secara optimal.  Dari managemen sarana prasarananya telah jelas terlihat, bahwa pengelolaan dan kepemilikan sarana prasarana telah sesuai dengan sekolah  standar nasional, kemudian dilihat dari mangamen keuangannya dengan prosedur dan pelaksanaan yang telah berjalan dengan baik, baik dari sarana prasarana maupun keuangan, SMAN 3 pati telah sesuai dengan sekolah standar nasional (SSN).


























BAB III
PENUTUP
3.1       Simpulan
  Sarana pendidikan adalah fasilitas-fasilitas yang digunakan secara langsung dalam proses belajar mengajar agar tujuan pembelajaran tercapai. Sedangkan prasarana pendidikan merupakan segala sesuatu yang secara tidak langsung menunjang proses pendidikan. SMAN 3 Pati sudah memenuhi standar nasional pendidikan dengan sarana dan prasara yang baik dengan luas 3,5 ha dan telah ditunjang dengan sarana-sarana di dalamnya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses KBM. Selain sarana prasarana, Manajemen keungan telah dikelola dengan sebaik mungkin untuk mencapai kelancaran administrai keuangan bagi semua warga SMA Negeri 3 PATI. Hal ini dibuktikan dengan adanya observasi yang kami lakukan ke sekolah tersebut. Saran prasarana yang sudah dan managemen keuangannya membuat para siswa terfasilitasi dengan baik untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan individunya.
Pada dasarnya setiap sekolah sudah menyelenggarakan sistem pengelolaan yang baik, tetapi sistem yang efektif kurang dilaksanakan. Ketidak disiplinan dalam penggunaan anggaran, serta pemimpin yang boros selalu menjadi fenomena tersendiri. Untuk itu diperlukan kepemimpinan dan manajemen pengelolaan yang efektif menuju keseimbangan antara sistem yang ada dalam mendistribusikan sumber-sumber dana pendidikan di Indonesia.











Daftar Pustaka
Sutomo, Dkk. 2012. Manajemen Sekolah. Semarang : Universitas Negeri Semarang        Press.
Raja-jempol.blogspot.com/2013/05/manajemen-keuangan-sekolah.html?m=1
El-unsa.Blogspot.com/2012/manajemen-keuangan-sekolah-atau-madarasah.html?m=1

































Tidak ada komentar:

Posting Komentar